Search

Kemenpora Percepat Pencairan Dana SEA Games 2019

Kemenpora Percepat Pencairan Dana SEA Games 2019

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ingin mempercepat pencairan dana kontingen Indonesia yang akan berangkat ke SEA Games 2019 di Filipina.

Bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Kemenpora membuat nota kesepahaman (MoU) bantuan anggaran sebesar Rp59,6 miliar untuk keberangkatan kontingen Indonesia ke SEA Games 2019, Rabu (20/11).

Secara prosedur, dana tersebut baru bisa cair dari Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN) lima hari setelah laporan MoU diberikan. Namun Kemenpora berencana untuk mempercepat proses pencairan karena beberapa cabang olahraga bakal berangkat lebih dahulu.

"Kami sepakat agar dibuatkan surat dari Deputi IV ke Dirjen Perbendaharaan Keuangan Negara supaya tidak perlu lima hari anggaran itu cair tanpa melanggar aturan," ujar Gatot di Kantor Kemenpora.

Sejumlah cabang olahraga akan bertolak ke Filipina lebih awal, salah satunya sepak bola yang rencananya akan terbang pada Kamis (21/11) dini hari WIB.

Timnas Indonesia U-23 direncnanakan bertolak ke Filipina pada Kamis (21/11) dini hari WIB.Timnas Indonesia U-23 direncnanakan bertolak ke Filipina pada Kamis (21/11) dini hari WIB. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww)
Meski pencairan dana ini mepet dengan keberangkatan cabang olahraga, Gatot menyebut langkah tersebut adalah yang terbaik.

[Gambas:Video CNN]
"Kenapa baru sekarang? Ini bentuk kehati-hatian kami jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan," kata Gatot.

Sementara itu, Sekjen NOC Indonesia Ferry Kono berterima kasih kepada Kemenpora atas penandatangan MoU tersebut.

Kemenpora Percepat Pencairan Dana SEA Games 2019
Ferry mengatakan, dari Rp 67 miliar dana yang diajukan, NOC mendapat Rp59,6 miliar. Selain dari Kemenpora, ada juga cabor yang turut membiayai ofisialnya, dan juga bantuan dari sponsor. Untuk apparel kontingen, NOC dapat dukungan Rp2,3 miliar dari Yonex. "Dua sponsor ini diharapkan bisa menutupi selisih anggaran yang dari pemerintah. Dari Gojek 2,5 miliar sementara dari Walls Rp 5 miliar namun sampai Olimpiade. Jadi pembagiannya, untuk SEA Games kami alokasikan Rp 1,5 miliar," ucap Ferry. (TTF/ptr)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenpora Percepat Pencairan Dana SEA Games 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.