Search

Daftar Bursa Panas Pemimpin Wakil Rakyat di Kebon Sirih

Daftar Bursa Panas Pemimpin Wakil Rakyat di Kebon Sirih

Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 sudah dilantik pada Senin (26/8) lalu. Agenda anggota DPRD DKI Jakarta selanjutnya adalah membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang berisikan perangkat-perangkatnya, termasuk unsur pimpinan dewan.

UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR DPR DPD dan DPRD (MD3) mengamanatkan pimpinan DPRD Provinsi diisi satu ketua dan tiga wakil. Para pimpinan tersebut berasal dari partai yang memiliki suara terbanyak di Pemilihan Legislatif (Pileg).

Dalam Pileg 2019 lalu, partai yang meraup suara terbanyak di DPRD DKI secara berurutan ialah PDI Perjuangan sebanyak 25 kursi, Gerindra sebanyak 19 kursi, PKS sebanyak 16 kursi, lalu Demokrat sebanyak 10 kursi.

Sejumlah partai sudah mendeklarasikan jagoan masing-masing menjadi pimpinan DPRD DKI. Namun sebagian partai lagi masih menunggu rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai masing-masing untuk diajukan ke DPRD.

Ketua DPRD DKI sementara Pantas Nainggolan yang juga berasal dari PDI Perjuangan mengatakan ada tiga nama dari partainya yang akan diusulkan. Mereka ialah Prasetio Edi Marsudi, Gembong Warsono, dan Ida Mahmudah.

Prasetio sebelumnya dikenal pula sebagai Ketua DPRD DKI periode 2014-2019. Sementara itu, pada periode yang sama Gembong adalah Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI.

Gembong mengatakan di dalam partainya, nama pimpinan dewan di daerah adalah hak DPP untuk memutuskannya.

"Tergantung DPP nanti yang memutuskan. Itu menjadi wewenang DPP," kata Gembong saat dihubungi, Rabu (28/8).

Bursa Wajah Baru Pimpinan DPRD DKI Jakarta 2019-2024Gembong Warsono. (Detikcom/Ari Saputra)

Dari partai Gerindra, Wakil Ketua DPRD DKI sementara Syarif mengatakan pihaknya mengajukan nama M Taufik untuk kembali menjadi Wakil Ketua DPRD DKI kembali. Namun hingga kini masih belum ada rekomendasi secara tertulis yang diajukan dari Gerindra.

"Sejauh ini kita mengajukan Pak Taufik, tapi seperti ketua komisi dan ketua fraksi belum nanti masih dibicarakan," kata Syarif kepada CNNIndonesia.com, Rabu (28/8).

Bursa Wajah Baru Pimpinan DPRD DKI Jakarta 2019-2024M Taufik. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Selanjutnya, PKS sudah sepakat untuk mendorong nama Abdurrahman Suhaimi menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Pada periode DPRD DKI 2014-2019, Suhaimi adalah Ketua Fraksi PKS.

Nama Suhaimi menjadi Wakil Ketua DPRD DKI 2019-2024, juga nama untuk menjabat ketua fraksi pun disebut sudah disetujui Ketua DPW PKS DKI Sakhir Purnomo.

"Untuk posisi Wakil Ketua DPRD DKI diamanahkan kepada Abdurrahman Suhaimi yang juga Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS DKI Jakarta," kata Sakhir.

Untuk Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta kini diduduki Muhammad Arifin, Sekretaris Fraksi Achmad Yani dan Bendahara Nasdiyanto.

Bursa Wajah Baru Pimpinan DPRD DKI Jakarta 2019-2024Abdurahman Suhaimi (batik coklat), Ketua DPW PKS DKI Jakarta Shakir Purnomo (batik biru). (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Kemudian Partai Demokrat memajukan nama Zita Anjani. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPW PAN DKI Eko Hendropurnomo. Namun, Zita masih belum memberikan sinyal secara pasti terkait pemilihan namanya.

"Doakan saja,"singkat Zita pada Senin, (26/8).

Terakhir, Partai Demokrat hingga kini belum memberikan nama yang bakal diajukan menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Sekretaris DPRD DKI Jakarta M Yuliadi menyatakan tidak ada batasan pembentukan alat kelengkapan dewan tersebut.

"Tidak ada dibatasi tanggalnya. Kita tunggu dari anggota dewan," tutup Yuliadi.

Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta yang terpilih dalam Pemilu 2019 akan dilantik hari ini, Senin (26/8). 106 anggota dewan terpilih yakni PDIP 25 kursi, Gerindra 19 kursi, PKS 16 Kursi, Demokrat 10 Kursi. Kemudian PAN 9 Kursi, PSI 8 Kursi, Nasdem 7 Kursi, Golkar 6 kursi, PKB 5 kursi dan PPP 1 kursi.

[Gambas:Video CNN](ctr/kid)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daftar Bursa Panas Pemimpin Wakil Rakyat di Kebon Sirih"

Post a Comment

Powered by Blogger.