Search

Moeldoko: Bintang Kejora di Seberang Istana untuk Provokasi

Moeldoko: Bintang Kejora di Seberang Istana untuk Provokasi

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut pengibaran bendera Bintang Kejora oleh puluhan mahasiswa Papua di depan Istana Merdeka, Jakarta, untuk provokasi aparat. Menurut Moeldoko, mereka sengaja melakukan itu dengan harapan aparat mengambil tindakan represif.

Pengibaran bendera maupun penggunaan atribut Bintang Kejora tak hanya dilakukan mahasiswa yang berdemo di Jakarta pada hari ini, Rabu (28/8). Simbol tersebut juga mewarnai aksi protes yang dilakukan di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat.

"Memang sengaja provokasi untuk itu. Tujuannya apa, agar kita melakukan tindakan. Apalagi TNI Polri itu sangat diharapkan ada korban, baru digulirkan itu," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Mantan Panglima TNI itu menyatakan pemerintah dan aparat keamanan tak terpancing dengan aksi pengibaran bendera Bintang Kejora.

Moeldoko berkata pemerintah sangat berhati-hati dalam setiap mengambil tindak terhadap kelompok tersebut.

"Kita juga enggak perlu emosional dan seterusnya. Karena nanti kalau kita ikut larut dalam emosi itu, maka langkah-langkah tindakan menjadi tidak terkontrol," ujarnya.

Puluhan mahasiswa Papua pada hari ini mengibarkan bendera Bintang Kejora saat berunjuk rasa menuntut referendum di depan Istana Merdeka, Jakarta. Mereka pun meminta Presiden Joko Widodo menemui massa.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah mahasiswa terlihat mengibarkan bendera Bintang Kejora persis di depan Istana Merdeka. Ada empat bendera Bintang Kejora yang dikibarkan dengan menggunakan bambu berukuran panjang.

Selain bendera, puluhan mahasiswa juga terlihat mengenakan baju dan menggambar bendera Bintang Kejora di tubuhnya.

Sebelum tiba di depan Istana, sejumlah aparat kepolisian yang berjaga sempat melarang massa mengibarkan bendera Bintang Kejora.

Aparat terdengar hanya memberi toleransi kepada mahasiswa untuk mengibarkan bendera Bintang Kejora di jalan yang berada di depan Mabes TNI AD dan Kementerian Dalam Negeri.

Bendera Bintang Kejora juga sempat dikibarkan di depan Istana Negara oleh massa dari Papua yang berunjuk pada rasa pekan lalu.

[Gambas:Video CNN]

(fra/wis)

Halaman Selanjutnya >>>>




Bagikan Berita Ini

0 Response to "Moeldoko: Bintang Kejora di Seberang Istana untuk Provokasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.